Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Klinik Klinik Utama Apollo | Pengobatan Penyakit Kelamin di Jakarta

3 Ciri-Ciri Penyakit Sifilis

3 Ciri-Ciri Penyakit Sifilis – Ciri-ciri penyakit sifilis adalah munculnya luka yang berbentuk cancre, ini adalah gejala awal dari penyakit sifilis. 3 Ciri-Ciri Penyakit Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema pallidum. Ini dapat mempengaruhi pria dan wanita. Sifilis ditularkan melalui kontak kulit yang erat dan sangat menular ketika sifilis malam (chancre) atau ruam hadir.

Masa inkubasi untuk 3 Ciri-Ciri Penyakit Sifilis berkisar antara 10 hari hingga tiga bulan. Anda dapat mengambil sifilis melalui hubungan seks oral, vagina atau anal dengan seseorang yang baru saja terinfeksi. Ini juga bisa menjadi kontak penyebaran kulit ke kulit jika ruam sifilis ada. Sifilis juga dapat ditularkan dari ibu ke bayi selama kehamilan dan saat kelahiran. Ini disebut sifilis bawaan dan jarang terjadi. Sifilis sangat berbahaya jika tidak mendapatkan pengobatan

Pengobatan dini sifilis efektif, tetapi orang tidak memiliki gejala atau tidak, dan mungkin tidak mencari saran medis.

>>> Bagaimana cara pengobatan sifilis? [klik disini berkonsultasi] <<<

Faktor penyebab penyakit sifilis, antara lain adalah:

Bertahun-tahun setelah diperoleh, sifilis yang tidak diobati dapat berakibat fatal atau menyebabkan otak kronis atau penyakit jantung. Pemeriksaan kesehatan seksual direkomendasikan untuk orang yang berisiko. Frekuensi pemeriksaan ini tergantung pada risiko IMS orang tersebut. Sebagai contoh, disarankan agar:

  • Pria yang berhubungan seks dengan pria, dan yang memiliki lebih dari satu pasangan, diperiksa setiap tiga hingga enam bulan
  • Seorang pria yang berhubungan seks dengan satu pria (memiliki satu pasangan) diperiksa setahun sekali.
  • Tes sifilis selalu dilakukan sebagai bagian pemeriksaan rutin antenatal ketika seorang wanita hamil.
  • Tes sifilis juga direkomendasikan untuk wanita yang berhubungan seks dengan pria yang juga memiliki pasangan seksual. Dianjurkan untuk melakukan tes darah untuk pasangan seksual sifilis di mana terdapat tingkat IMS dan HIV yang lebih tinggi.

Ciri-ciri penyakit sifilis antara lain adalah

Jika tidak diobati, sifilis bergerak melalui serangkaian tahapan yang memengaruhi berbagai bagian tubuh, meskipun tahapan tersebut bisa tumpang tindih:

  1. Sifilis primer

Pada tahap pertama ini, sifilis menyebabkan ulkus tanpa rasa sakit yang disebut chancre, biasanya di daerah genital tempat bakteri sifilis masuk ke dalam tubuh. Tahap ini dimulai 10 hingga 90 hari (rata-rata tiga minggu) setelah seseorang terpapar pada seseorang dengan sifilis. Luka hilang tanpa perawatan dalam waktu sekitar empat hingga delapan minggu.

  1. Sifilis sekunder

Pada tahap ini, bakteri sifilis menyebar ke seluruh tubuh. Ini biasanya menyebabkan ruam di sebagian besar tubuh bersamaan dengan demam, sakit dan nyeri, dan gejala lainnya. Tahap ini dimulai enam hingga delapan minggu setelah seseorang terpapar sifilis, dan berlangsung hingga satu tahun.

  1. Sifilis laten

Tahap ini dimulai ketika tahap sekunder berakhir. Meskipun tidak ada gejala, orang tersebut tetap terinfeksi. Tahap ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan seumur hidup seseorang. Sekitar sepertiga dari kasus sifilis laten berkembang menjadi sifilis tersier.

  1. Sifilis tersier

Pada tahap ini, bakteri sifilis dapat menyebabkan kerusakan parah pada banyak organ internal yang berbeda, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya dimulai dalam 10 tahun infeksi dan dapat berakhir dengan kematian.

Gejala sifilis

Gejala sifilis bervariasi tergantung pada stadium penyakit:

  1. Sifilis primer

Biasanya, ulkus tunggal (chancre) muncul di tempat bakteri masuk ke dalam tubuh. Alat kelamin adalah lokasi yang paling umum dikembangkan oleh chancres, tetapi bisul ini juga dapat terbentuk di sekitar mulut atau anus. Chancre keras dan tidak sakit, dan mengeluarkan cairan yang mengandung bakteri sifilis. Kadang-kadang, kelenjar getah bening di dekat ulkus menjadi membesar, tetapi tetap tidak nyeri. Chancre sifilis primer biasanya sembuh setelah satu hingga lima minggu, meskipun orang tersebut tetap terinfeksi.

  1. Sifilis sekunder

Gejala khas sifilis sekunder adalah:

  • Ruam, yang mungkin terlihat seperti bintik-bintik atau titik-titik merah halus di telapak tangan dan telapak kaki
  • Ruam kulit pada lengan, kaki, dan badan ruam dapat berupa berbagai bentuk, seperti bercak kecil atau lingkaran lekuk; lepuh kecil penuh dengan nanah; bercak abu-abu atau merah muda yang tebal
  • Bercak putih di dalam mulut dan selaput lendir lainnya.
  • Tanpa pengobatan, gejala ruam biasanya hilang setelah dua hingga enam minggu.

Gejala lain dapat termasuk:

  • Pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar bengkak)
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit tenggorokan
  • Nafsu makan buruk
  • Penurunan berat badan
  • Merasa sangat lelah
  • Tanpa pengobatan, gejala-gejala lain ini umumnya berlangsung sekitar satu tahun.

Baca juga: mengenal gejala sifilis sedini mungkin

  1. Tahap laten

Tahap ini tidak menimbulkan gejala.

  1. Sifilis tersier

Pada tahap ini, sifilis menyebabkan gejala yang berkaitan dengan kerusakan organ yang parah. Gejala-gejala ini dapat meliputi:

  • Tumor yang merusak, disebut gumma, di mulut, hidung, lidah, tulang, kulit, hati atau organ lainnya
  • Nyeri dada atau kesulitan bernafas terkait dengan kerusakan katup jantung atau kerusakan pada dinding aorta (pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh)
  • Nyeri sendi
  • Kelumpuhan, masalah koordinasi, kehilangan sensasi, kebutaan, kemunduran fungsi intelektual, perubahan kepribadian dan impotensi akibat kerusakan saraf atau otak.

>>> Klinik Apollo bagus atau tidak? <<<

Jika mengalami ciri sifilis pada wanita diatas sebaiknya segera konsulasikan pada dokter

Jika mengalami sifilis Anda dapat berkonsultasi dengan Klinik Apollo yang merupakan Klinik Spesialis Kulit Dan Kelamin yang berpengalaman dalam bidangnya. Didukung dengan peralatan medis modern serta dan ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman dalam bidangnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ciri-ciri penyakit sifilis atau Anda memiliki keluhan lainnya silahkan hubungi hotline kami di nomor 0812-3388-1616.

3 Ciri-Ciri Penyakit Sifilis –

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post